Si Golongan Darah B

Orang Jepang dan Korea percaya bahwa karakter seseorang itu ditentukan oleh golongan darah. Logikanya, bahwa darah itu dibangun oleh protein-protein yang mengisi setiap sel tubuh. Jadi seluruh tubuh kita adalah sel, sel ada darahnya, jadi ya gitu dah. Soalnya kalo dibangun dari batubata + semen jadilah tembok.

Katanya sih golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita – See more at: http://www.anugrahberbagi.com/2012/09/karakter-dan-sifat-berdasarkan-golongan-darah.html#sthash.n32R9Ngr.dp. Nah. pasti darah tidak dibangun oleh besi + semen karena pasti jadinya tembok,

Karena kerjaan gue itu ngotak-ngatik cerita dengan the center of the story adalah MANUSIA bukan bebek, lantas si tokoh gue hajar dengan berbagai problem, maka gue harus mempelajari karakter manusia. Karena karakter yang berbeda, pasti akan menghadapi masalah dengan cara yang berbeda.

Contoh simpelnya: kalau orang yang gampang ngamuk, cangcut dicolong tetangga, pasti bawaannya nyundul dan teriak-teriak dulu dong. Pokoknya kalau udah murka baru dese dadanya plong. Kalau dada kamu, plong apa daging? #abaikan.

Kalau orang santai, cangcutnya dicolong, mungkin itu orang nggak sadar bahwa barangnya ilang. Sejak kapan barang akan pisah sama yang punya? #abaikan.

Kalau orang utan cangcutnya dicolong, mungkin dia akan nyakar muka si malingnya dan teriak uu aa uu aa. Pertanyaannya, orang utan pake cangcut model apa sih? G string apa sempak? #abaikan.

Begitulah. Setiap masalah akan ditanggapi berbeda tergantung “karakter”.

Nah, cerita yang baik juga data-data harus akurat dan sahih, dan itu bisa didapet dengan riset. Tapi, skip masalah riset ini karena gue mau ngomongin diri gue sendiri. Gua adalah golongan darah B, berdasarkan primbon dari Jepang, orang yang darahnya B itu sifatnya;

1. Simpel. Nah seringkali berpikir, “make it simple aje lah, Bray.” Pasti yang dipikirin sama orang ini adalah EXIT-nya atau solusinya. Ngomongin masalah sama orang ini capek lahir bathin. Percayalah. Doski kalau dicurhatin suka ujug-ujug nawarin jalan keluar, padahal mungkin yang dibutuhin sama si pencurhat cuma didengerin. Dan yang lebih ngeselinnya, kalo elo curhat hal yang sama terus menerus, nih orang cuma akan memberi lo  tatapan membunuh. Jadi kalau mau curhat, kreatiflah memilih topik, dia paling bosenan sama sayur asem lagi sayur asem lagi.

2. Cuek. Saking cueknya ini orang seringkali nggak peduli komentar orang, dan kayak hidup dalam kepompongnya sendiri. Dia ada kecenderungan berani tampil beda. Dia nggak peduli akan dikatain papap alien atau mama alien.

3. Blak-blakan. Mungkin karena sifat cueknya, doski jadi kurang peka. Mulutnya sering nggak ada saringan. Pokoknya apa yang dirasakan, itu yang dibletukin dari sela-sela giginya.

4. Males mikir berat. Itulah sebabnya orang golongan darah B ini gampang banget ngorok di mana aja dan kapan aja. Karena cenderung doski ini nggak mudah stres karena suka ngegampangin masalah.

5. Selalu tampak ceria dan bersemangat. Karena orang ini emang sukanya hore-hore. Doski paling males memperlihatkan kesedihan. Bahkan duit di dompet tinggal ceban aja, dia masih nyengir berasa masih kayak milyander. Nah, kecuali elo udah dekeeeeet banget, bagai bulu ketek dan baunya, pasti dia-na maulah cerita-ceriti, tapi berbagi cerutu sih keknya nggak bakal.

6. Easy going. Nah, kalau elo mau traveling atau ngesot kesana-kemari, orang model doski ini asik buat dibawa jalan. Kenapa? Karena jarang banget mikirin. “Kalau duit abis terus nggak bisa beli minum terus gimana?” Biasanya dia akan jawab. “Selama masih ada air ngocor dari keran, dunia selamat.” Jadi dia biasanya jarang mikir dampak atau melihat sesuatu dari sisi negatifnya. Dan ndilalahnya orang model gini suka ada aja hokinya, karena mikirnya positif terus.

7. Pemberontak. Jangan pernah sekali-kali melarang atau menyuruh orang model ini tanpa penjelasan yang bisa diterima oleh akalnya, karena doski pada dasarnya TIDAK TAKUT PADA HAL APAPUN asalkan dia hepi dan segala sesuatu harus bisa diterima oleh nalarnya. Jadi kalo punya anak berdarah B, jangan didikte atau dilarang ini itu, karena nggak akan mempan. Sentuh dia di hatinya dan berikan penjelasan yang masuk akal. Jangan pernah sekali-kali sentuh eksim basahnya, sakit tauk!

Golongan darah ini bisa bekerja dalam tekanan tingkat tinggi atau tingkat rendah, tentunya yang pake perasaan dan pake hati lebih menyenangkan tapi jangan pernah melarang ini itu, atau menyuruh ini itu seolah-olah dia orang bego, karena dia paling nggak suka diatur-atur, si B biasanya lebih suka kerja sendirian dengan caranya sendiri.

Golongan darah B bersifat kontradiktif dengan golongan darah A, olehkarena itu KALAU TIDAK DEWASA bisa jadi nyaris setiap hari saling mencekik. Ini subjektif sih. Cuma pengalaman gue pernah punya pasangan yang berdarah A memang setiap hari praktikin ilmu kanuragan plus tinju sikit-sikit, karena orang darah A biasanya perfectsionis dan gampang stres, sementara gua kurang peka dan nggak suka digoblok-goblokin (kayaknya semua orang juga nggak suka lah dianggap pekok)

Tapi, beneran deh, kalau mau mempengaruhi orang tipe B, pakelah penjelasan logika, pendekatan pasal-pasal anu, atau dalil ini itu, biasanya nggak akan mempan. Tentunya, karakter itu tidak hanya ditentukan oleh golongan darah.  Pengalaman hidup, cara dididik dan lain-lain akan menentukan sifat seseorang.Image

Anak gua yang bergolongan darah B, emang anaknya easy going banget dan tahan banting tapi slebor dan sembrono trus bletak-bletuk ngomongnya.

Iklan

9 thoughts on “Si Golongan Darah B

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s